0 %

Mon, 14 Jan 2019
Tips Jitu Tingkatkan Produktivitas di Tempat Kerja

Pernah merasa daftar pekerjaan bukannya menyurut tapi semakin banyak setiap harinya? Bisa jadi hal ini disebabkan oleh kesulitanmu dalam mengelola waktu dan menjadi produktif di tempat kerja. Bahkan tidak sedikit yang bingung bagaimana cara memulainya. Jangan hanya bekerja keras, tapi juga lebih cerdas. Coba gabungkan beberapa tisp berikut ini untuk meningkatkan produktivitas di tempat kerja.

1. Stop Multitasking

Mungkin kamu tergoda untuk menyelesaikan beberapa tugas sekaligus, terutama jika tugas itu tampak kecil dan mudah. Bahkan kebanyakan orang juga cenderung menganggap kemampuan multitasking sebagai skill penting untuk meningkatkan efisiensi.

Padahal yang terjadi justru sebaliknya. Upaya untuk melakukan beberapa tugas sekaligus dapat mengakibatkan hilangnya waktu dan menurunnya produktivitas. Sebaiknya fokus untuk menyelesaikan satu tugas sebelum berpindah dengan cepat ke daftar pekerjaan lainnya.

2. Sisipkan Waktu Istirahat

Walau terdengar berlawanan dengan intuisimu untuk bekerja berjam-jam untuk menyelesaikan lebih banyak pekerjaan, tapi menyisipkan istirahat di tengah jadwal yang padat dapat membantu meningkatkan konsentrasi. Terlalu lelah karena rutinitas kerja yang tak henti dapat menyebabkan penurunan kecepatan maupun hasil kerja.

Lakukan istirahat secara teratur yang dapat meningkatkan konsentrasi dan mood. Mulai dari berjalan-jalan selama lima menit di sekitar kantor atau luangkan waktu 15 menit untuk menikmati secangkir kopi.

3. Pecah jadi Tugas-Tugas Kecil

Terkadang, melihat tujuan baik yang ditetapkan sendiri atau atasan bisa membuatmu merasa kewalahan. Jika melihat beberapa proyek besar yang terpampang di kalender membuatmu stres, bagi menjadi tugas yang lebih kecil.

Hal ini akan membuatmu merasa lebih terkendali dan jauh lebih produktif. Pilah ke pekerjaan apa saja yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan-tujuan yang lebih simpel dan sederhana tersebut, sehingga proyek besa pun tak mampu mengintimidasimu.

4. Jangan Menunda Pekerjaan

Tidak jarang kita mengesampingkan pekerjaan besar karena tidak yakin bisa menyelesaikannya. Namun saat akhirnya harus menyelesaikan, kondisi fisik maupun mentalmu sudah terlalu lelah untuk berkonsentrasi mengerjakannya. Itulah alasan kenapa proyek besar seringkali menghabiskan waktu berhari-hari dan membuat produktivitas seakan menghilang.

Pahami kapan dan bagaimana cara kerjamu menjadi kunci untuk menyelesaikan pekerjaan penting dengan tepat waktu. Jika kamu termasuk orang-orang yang bisa berpikir jernih dan punya konsentrasi tinggi di pagi hari, maka lakukan tugas-tugas besar terlebih dahulu di awal hari ketimbang terus menundanya.

Berkat tips-tips ini, dijamin pekerjaan dapat diselesaikan dengan cepat dan memberi hasil yang baik. Sayangnya, harimu akan jadi lebih lambat saat tubuh mengalami gejala flu dan batuk seperti hidung tersumbat, sakit kepala, hingga demam. Segera ambil OBH Combi yang dikemas dalam botol anti pecah, sehingga dapat diminum kapan dan di mana saja.

Siap taklukkan hari dengan produktivitas tinggi?