0 %

Fri, 23 Aug 2019
Tips Meningkatkan Mood Untuk Kegiatan Sehari-hari

Mood memang merupakan hal yang sulit untuk diprediksi. Tidak jarang terjadi ketika kita sedang merasa senang, lalu tiba-tiba kita menemukan suatu kejadian yang membuat perasaan kita rusak, atau bad mood. Ataupun sebaliknya; ketika sedang merasa sedih, lalu tiba-tiba menemukan hal baik, bisa jadi langsung kembali memiliki good mood.

Namun, ada kalanya kita merasa bahwa di saat-saat tertentu, terutama dalam melakukan kegiatan sehari-hari, mood harus dijaga agar tidak rusak, demi menjaga performa kinerja sehari-hari.

Untuk meningkatkan mood secara cepat, instan, dan efisien, cobalah beberapa cara sebagai berikut:

  1. Konsumsi coklat

Coklat memiliki kandungan yang dapat menghasilkan perasaan bahagia pada orang yang mengonsumsinya. Beberapa senyawa kimia yang terkandung dalam coklat dapat memproduksi zat endorphin, molekul “perasaan baik” alami yang berasal dari otak.

  1. Berbagi

Beberapa orang masih beranggapan bahwa makin kita mengonsumsi sesuatu hanya sendiri saja, maka disitulah tingkat tertinggi kenikmatan akan dirasakan. Namun, tahukah kamu bahwa ada kekuatan di balik berbagi yang dapat mematahkan hukum dasar fisika, yang berbunyi: “semakin banyak kamu berbagi, maka semakin banyak yang kamu dapatkan”.

  1. Manjakan diri sendiri

Tidur siang, makan makanan favorit, serta pijat refleksi adalah salah sekian dari beberapa opsi memanjakan diri. Tidak perlu liburan untuk memanjakan diri, 1 jam saja sebenarnya sudah cukup untuk meningkatkan mood.

  1. Pastikan Kamu Punya Pencapaian Hari Ini

Ketika kamu memiliki target di hari ini, kamu bisa lebih fokus ke goal/pencapaian hari ini dibandingkan dengan jika kamu tidak punya, yang pada akhirnya kamu hanya memikirkan masalah yang terjadi selama berlarut-larut tanpa melanjutkan aktivitas.

  1. Kendalikan Asumsi

Pernahkah kamu mendengar pepatah yang mengatakan “asumsi itu membunuh”? Kadang, manusia kerap kali berasumsi akan apapun yang sedang terjadi, bahkan seringkali berujung merugikan karena berasumsi ketika sedang bad mood dapat membentuk asumsi subjektif dan bias. Kontrol emosimu, lakukan observasi pada sekitar secara objektif, dan kendalikanlah diri!