0 %

Tue, 20 Nov 2018
Trik Sederhana Lebih Cepat dalam Bekerja

Cerdas, punya motivasi tinggi dan berpengalaman, merupakan kelebihanmu yang diakui, tapi jika cara kerjamu lambat maka akan sulit untuk mencapai kesuksesan. Untungnya, bekerja dengan cepat merupakan skill yang bisa dipelajari. Untuk membantumu meningkatkan kecepatan di tempat kerja, ada beberapa trik efektif yang mudah dilakukan, seperti berikut ini.

1. Aturan 80 Persen

Diciptakan oleh business coach asal Kanada yang cukup terkenal, Dan Sullivan punya The 80% Rule atau Aturan 80%. Teknik ini menyarankan siapa saja untuk melakukan tugas hingga sekitar 80% dari standar yang sangat baik, kemudian beralih ke tugas lain.

Cara ini dianggap sangat efektif karena seringkali 20persen terakhir dari tugas justru menghabiskan banyak waktu. Sayangnya, umumnya, bagian terakhir ini malah kurang mendapat penghargaan dari orang lain dan kurang memberikan manfaat bagi dirimu sendiri. Bukan berarti nggak perlu menyelesakan pekerjaan, lho. Tapi sifat perfeksionis yang dimiliki justru akan menurunkan produktivitas.

2. Jangan Buang Waktu untuk Tugas Tak Penting

Hasil kerjamu bisa dua kali lebih banyak jika kamu mempercepat penyelesaian tugas yang kurang penting. Sayangnya, kebanyakan orang justru memberikan jatah waktu yang sama saat berurusan dengan hal-hal sepele, ketimbang mengalokasikan lebih banyak waktu untuk pekerjaan penting.

Hasilnya, kamu jadi nggak punya cukup waktu untuk melakukan tugas penting dengan maksimal. Awali menentukan kemampuan dan waktu yang terbatas untuk menyelesaikan semua pekerjaan dengan baik. Let’s don’t sweat the small stuff!