0 %

Sat, 20 Oct 2018
Banjir Kritikan Bisa Picu Stres dan Rentan Batuk dan Flu, Atasi Segera!

Tidak semua orang dapat menangani kritik dengan elegan dan terbuka. Beberapa malah menjadi semakin tertekan dan mengalami stres, yang bukan hanya memengaruhi semangat dan kepercayaan diri tapi juga membuat kesehatanmu terganggu.

Banyak penelitian yang telah menunjukkan bahwa stres dapat memengaruhi kekebalan tubuh dan bikin rentan terkena batuk dan gejala flu. Yuk, hindari dengan beberapa trik berikut ini.

1. Rutin Melakukan Aktivitas Fisik

Bangun dan berjalan, berlari atau datangi tempat gym. Betapapun sibuknya dirimu, coba untuk meluangkan 10 menit dalam sehari untuk melakukan aktivitas fisik. Penelitian menunjukkan bahwa jalan cepat atau jenis aktivitas fisik lainnya yang membuat jantungmu berdetak lebih cepat, dapat membantu menurunkan stres dan meningkatkan energi maupun konsentrasi.

2. Ambil Napas Dalam-Dalam

Bernapas itu mudah, kan? Tapi mengambil napas dalam-dalam saat stres mulai melanda dapat membantu otot dan pikiran jadi lebih rileks. Letakkan satu tangan di perut dan satu tangan di dada.

Bernapaslah perlahan melalui hidung dan rasakan perut mengembang. Lalu keluarkan napas melalui mulut dan rasakan perut kembali menyusut. Ulangi hingga 10 kali sampai kamu merasa tenang. Serunya lagi, kamu bisa melakukannya di mana saja, termasuk di balik meja kerja saat punya banyak deadline kerja atau saat sedang duduk di mobil, selama tidak sedang mengemudi.

3. Curhat dengan Orang Terpercaya

Temui teman-teman atau telepon anggota keluarga yang kamu percayai dapat menyimpan rahasia dengan baik. Menuangkan perasaan pada orang-orang yang terpercaya akan mendapatkan perspektif lain tentang apa saja yang dapat membuatmu stres. Bisa jadi kamu akan mendapatkan berbagai solusi yang mungkin belum terpikirkan sebelumnya.