0 %

Wed, 11 Jul 2018
Cara Efektif Berhenti Jadi Si Pengeluh

Tanpa disadari, kebiasaan mengeluh yang terus dipelihara dapat memengaruhimu secara mental, emosional dan fisik. Padahal melakukan hal ini hanya akan memperburuk suasana hati dan membuat orang-orang di sekitarmu tidak betah karena terus mendengar hal-hal bersifat negatif dari mulutmu.

Jika ingin mendapatkan kesuksesan yang diinginkan, berhenti mengeluh bisa jadi langkah pertama yang perlu dilakukan. Yuk, lakukan beberapa cara jitu berikut ini.

1. Banyak Tertawa

Situs Inc melansir hasil penelitian Loma Linda University di California, bahwa tertawa merupakan tindakan sederhana untuk meningkatkan endorfin dan mengirimkan dopamine ke otak. Hormon-hormon inilah yang dipercaya dapat mengangkat suasana hati dan menurunkan tingkat stres.

Solusi sederhananya adalah tertawa lebih sering. Baik menonton acara TV yang lucu, mendengarkan podcast komedi atau memiliki lebih banyak waktu bersama teman dan keluarga.

2. Tulis Hal-Hal yang Membuatmu Bersyukur

Kita cenderung mengeluh ketika kita fokus pada hal yang negatif, bukan yang positif. Untuk mengatasi kebiasaan mengeluh, tuliskan hal-hal yang kamu syukuri di hari itu, mulai dari hasil kerja yang cemerlang hingga perut yang kenyang oleh makanan lezat.

Luangkan waktu di malam hari sebelum tidur untuk menekan berbagai hal yang pada awalnya mendorongmu untuk mengeluh.  Situs Inc juga percaya jika membangun kebiasaan ini dapat membantumu berpikir lebih positif.