0 %

Mon, 10 Dec 2018
Hal-Hal Penting yang Bisa Jadi Bahan Evaluasi Akhir Tahun

Di momen pergantian tahun, selain membuat resolusi tahun baru, kamu mungkin akan melakukan evaluasi diri untuk mengetahui tujuanmu di masa yang akan datang, keberhasilan yang didapatkan dan hal-hal yang ingin dicapai di tahun yang akan datang. Hal ini mungkin terasa sulit bagi beberapa orang, tapi merupakan cara yang bagus untuk melihat kemajuan yang sudah didapat.

Jika bingung bagaimana untuk memulainya, simak beberapa hal penting berikut ini yang bisa jadi bahan evaluasi diri.

1. Tanyakan pada Diri Sendiri Jika Tahun Ini Penting Bagimu

Untuk mengawali evaluasi diri di akhir tahun ini, mulailah dengan mengajukan pertanyaan tentang setahun yang akan berlalu. Apakah setahun ini telah membawa hak-hal penting, baik urusan pribadi maupun pilihan karirmu?

Jika jawabannya ya, maka kamu hanya perlu melakukan lebih banyak hal yang sama selama setahun belakangan ini. Tapi jika sebaliknya, lakukan perubahan baik pada kebiasaan, caramu bekerja atau perilakumu untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

2. Perkembangan Karir

Selama setahun ini, kamu menghadapi berbagai hambatan dalam mengembangkan karir. Nggak jarang juga ada perasaan jika pilihan pekerjaan yang ditekuni saat ini terlihat kurang tepat. Untuk mengetahui perkembangan karir dengan seksama, evaluasi diri sendiri untuk mengetahui hal-hal yang kamu sukai dari pekerjaanmu.

Catat juga keberhasilan yang didapat selama ini, baik yang kecil hingga menyelesaikan proyek besar dan penting. Dari sini, bisa dilihat jika kamu membutuhkan perbaikan cara bekerja atau bahkan beralih ke jalur karir lainnya yang mungkin lebih dinikmati.