0 %

Tue, 20 Nov 2018
Hal yang Wajib Diprioritaskan Agar Terhindar dari Batuk dan Gejala Flu

Siapa yang ingin mengalami batuk dan gejala flu? Walau sering dianggap remeh, rasa lelah, sakit kepala, bersin-bersin, hidung tersumbat, sakit tenggorokan dan demam membuatmu tersiksa dan sulit beraktivitas seperti biasa. Sayangnya, perubahan musim sering membuat orang-orang di sekitarmu mudah terkena batuk dan gejala flu. Tapi melindungi kesehatan dari serangan batuk dan gejala flu bukan mustahil, lakukan saja beberapa hal wajib berikut ini.

1. Tidur yang Cukup

Sering kekurangan waktu tidur demi menonton episode demi episode K-Drama atau lembur untuk memenuhi deadline penting? Lama-kelamaan hal ini dapat membahayakan sistem kekebalan tubuh, salah satunya mudah terserang batuk dan gejala flu.

Sebisa mungkin miliki waktu tidur minimal 7 jam semalam untuk melawan serangan batuk dan gejala flu. Jika kesulitan memejamkan mata, coba matikan gadget elektronik satu jam sebelum tidur dan minum susu hangat yang dicampur madu untuk membantumu terlelap.

2. Menjaga Kebersihan Tangan

Ada alasan kenapa banyak ahli kesehatan selalu mengingatkan pentingnya mencuci tangan. Setiap kali seseorang batuk atau bersin ke tangan mereka dan kemudian tidak mencucinya, mereka berisiko menularkan batuk dan gejala flu ke orang lain. Kamu pun lebih rentan terkena penyakit jika menyentuh permukaan atau benda yang sama tanpa diikuti kebiasaan membersihkan tangan.

Perangi kuman penyebab penyakit dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih sesering mungkin. Pembersih tangan yang mengandung alkohol pun bisa jadi alternatif yang baik untuk menjaga kebersihan tangan.