0 %

Mon, 4 Dec 2017
Kiat Jitu Menjaga Kesehatan Pernapasan Kala Liburan

Menjelajahi tempat yang baru dapat dilakukan untuk mengisi liburan di akhir tahun. Agar dapat menimba pengalaman baru, kesehatan tubuh terutama pernafasan wajib dijaga terutama dari perubahan lingkungan sekitar. Yuk, lakukan beberapa kiat jitu ini agar terhindar dari penyakit yang menyerang pernafasan.


1. Cukup Istirahat
Liburan memang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk menjelajahi tempat-tempat baru dan mendapat pengalaman seru. Tapi jangan sampai mengabaikan istirahat, lho. Kurang waktu tidur di malam hari dapat berdampak pada menurunnya sistem kekebalan tubuh, sehingga berisiko terserang gangguan pernafasan, baik yang disebabkan oleh virus hingga polusi.


2. Konsumsi Makanan Bergizi
Konsumsi makanan yang kaya nutrisi yang diperlukan untuk menjaga sistem pernafasan tetap sehat. Menurut University of Maryland Medical Center, rendahnya tingkat nutrisi tertentu berkaitan dengan penyakit paru-paru. That’s why, walau mengisi liburan dengan berburu kuliner khas, jangan lupa penuhi kebutuhan vitamin A, C, dan E, serta mineral seng, potasium, selenium, magnesium, dan seng.


Selain itu, konsumsi sayur dan buah juga membantu menjaga berat badan tetap ideal. Hal ini akan mencegah tekanan yang terlalu besar pada paru-paru dan mencegah otot pernafasan bekerja terlalu keras.