0 %

Sat, 20 Oct 2018
Langkah-Langkah Ubah Kritikan Negatif Jadi Peluang Positif

Bagi sebagian besar orang, kritik sering dikaitkan dengan pendapat negatif.  Daripada jadi bebanmu selama berhari-hari, sebaiknya ubah cara pandangmu dalam menghadapi kritikan. Lakukan beberapa langkah berikut ini untuk melihat kritik sebagai peluang yang akan membantumu meraih sukses.

1. Menyaring Kritik yang Diperlukan

Mentang-mentang membuka pikiran, semua kritikan yang diberikan ditelan mentah-mentah olehmu. Bukannya terpicu meningkatkan kualitas diri, justru kamu kehilangan kepercayaan diri.

Pertama, bedakan feedback yang berguna dengan menanyakan pada diri sendiri. Mulai dari memebedakan sumber kritik yang terpercaya dan berwawasan luas, nggak memberikan manfaat bagi pekerjaanmu, bertentangan dengan nilai yang kamu miliki hingga nggak memberi kesempatan untuk perbaikan. Kritik positif akan membantu meningkatkan kemampuanmu, sebaliknya yang negatif hanya akan membebani pikiranmu dan nggak memberikan manfaat apa pun.

2. Jangan Ditanggapi secara Personal

Jika kamu benar-benar peduli pada pekerjaanmu, maka anggap kritikan hanya ditujukan untuk pekerjaanmu saja, bukan pada pribadimu. Seringkali kritik yang berasal dari orang-orang yang dekat denganmu justru ditanggapi secara personal dan dimasukkan ke dalam hati.

Akibatnya, bukannya terpicu untuk maju tapi malah mengalami kemunduran. Terima feedback dengan cara yang positif sehingga dapat membuka pikiran dan memberi ruang untuk tumbuh. Pada akhirnya, usahamu akan mengarah ke hasil yang terbaik.