0 %

Wed, 3 Oct 2018
Rahasia Bangun Pagi untuk yang Suka Tidur Larut Malam

Termasuk night owl alias orang yang lebih suka beraktivitas di malam hari? Maka bangun pagi dan memiliki cukup waktu untuk beristirahat seakan jadi hal yang mustahil untuk dilakukan. Selalu ada kegiatan yang lebih baik dilakukan di malam hari ketimbang memanfaatkan waktu untuk tidur.


Tenang, ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk mendorong dirimu bangun lebih awal dan lebih produktif sepanjang hari.


1. Motivasi Diri Sendiri
Tanyakan pada diri sendiri alasan di balik keinginan untuk bangun lebih awal. Jawab denagn jujur untuk meyakinkan diri sendiri, karena hal inilah yang akan mendorongmu untuk meninggalkan tempat tidur saat alarm berbunyi. Gunakan kata-kata positif sebagai motivasi diri sendiri, misalnya bangun pagi karena ingin berolahraga demi berat badan yang lebih ideal atau ingin sampai ke tempat kerja lebih awal untuk mempersiapkan meeting penting.


2. Buat Suasana yang Tepat untuk Tidur
Bangun pagi dan merasa lebih baik tidak mungkin dapat dicapai tanpa cukup tidur. Menurut situs blog.mindvalley.com, rata-rata orang dewasa membutuhkan tujuh hingga sembilan jam untuk tidur. Untuk membiasakan diri tidur lebih awal, atur suasana yang tepat.


Mulai dari memblokir semua cahaya, bahkan lampu merah kecil dari TV yang layarnya sedang mati hingga menjaga kamar tidur nyaman dan kedap suara. Selain itu, jauhkan gadget dan berhenti menonton TV setidaknya satu jam sebelum tidur. Hal ini untuk menghindari cahaya biru dari layar yang akan mengganggu produksi hormon melatonin, yang berperan mengatur siklus tidur.