0 %

Fri, 27 Jul 2018
Solusi Jitu Hadapi Rekan Kerja yang Susah Diajak Kerjasama

Kantor bisa jadi tempat yang penuh tekanan, bukan hanya soal beban kerja tapi juga soal persaingan dengan rekan kerja. Hal ini memang sulit dihindari dan bisa saja di titik tertentu, kamu bisa berakhir dalam konflik dengan teman satu kantor.

Jangan sampai hal ini membuatmu kehilangan semangat kerja dan menurunkan produktivitas. Lakukan beberapa cara berikut ini untuk menyelesaikan permasalahan secara profesional dalam menangani orang-orang yang menyulitkanmu.


1. Tetap Tenang

Mengalami masalah dengan orang yang sering ditemui memang tidak menyenangkan, apalagi saat harus menyelesaikan suatu pekerjaan bersama. Jangan sampai konflik yang dimiliki bersama rekan kerja akan merusak hasil kerjamu. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah tetap tenang. Melampiaskan emosi dan perasaan dengan marah-marah hanya akan membuat situasi kerja semakin kacau.

Begitu juga wibawa di hadapan atasan maupun rekan kerja lain akan menurun. Tunjukkan kebijaksanaan dan ketenangan sehingga apa yang ingin disampaikan akan didengar dan mendapat simpati.


2. Hindari Menjelek-jelekkan Rekan Kerja

Ketika berbenturan dengan rekan kerja, terkadang kamu memilih untuk melampiaskan perasaan pada teman, tapi gosip kantor bisa menyebar dengan sangat cepat dan berpotensi untuk menjadi bumerang. Pertama-tama, ada telinga di mana-mana, dan kamu bakal terlihat tidak profesional jika reaksimu saat menjelek-jelekkan rekan kerja tersebar.

Membicarakan perasaan setelah hari kerja yang berat itu sah-sah saja, tapi sebaiknya hidnari untuk membicarakan rekan kerja di kantor. Sebaiknya, bicarakan saja dengan orang terpercaya hanya untuk mendapatkan masukan yang berharga, bukan untuk membicarakan hal-hal buruk di belakang rekan kerja yang sedang berkonflik.