0 %

Wed, 3 Oct 2018
Trik Efektif Atasi Kebiasaan Menunda Pekerjaan

Siapa pun yang sedang menghadapi deadline pekerjaan biasanya akan merasakan tekanan untuk segera menyelesaikannya. Tapi, terkadang kamu malah lebih menyibukkan diri dengan kegiatan lainnya seperti memeriksa email, mengecek media sosial bahkan menonton video lucu dengan alasan untuk membangkitkan mood.


Padahal penundaan ini hanya akan menyia-nyiakan waktu berhargamu untuk segera menuntaskan tugas-tugasmu. Jangan dijadikan kebiasaan, lho, segera atasi dengan trik-trik efektif berikut ini.


1. Membuat To-Do List
Salah satu alasan yang sering membuatmu menunda pekerjaan adalah anggapan bahwa beban yang dirasakan terlalu berat. Jika memiliki banyak hal yang harus dikerjakan dalam waktu yang nyaris bersamaan, rangkum menjadi daftar atau istilah kerennya to-do list.


Baik dicatat di buku agenda, ponsel, atau menempelkan sticky note di meja kerja, cara ini dapat mengingatkanmu untuk mengerjakan berbagai hal yang harus dikerjakan. Selain itu, trik ini juga memperlihatkanmu berapa banyak pekerjaan yang wajib diselesaikan sekaligus mencatat pencapaian yang sudah didapat untuk meningkatkan motivasi kerja.


2. Hilangkan Gangguan
Mudahnya menunda pekerjaan bisa jadi disebabkan oleh berbagai faktor yang membuatmu meletakkan pekerjaan di menit-menit terakhir. Mulailah dengan menyingkirkan gangguan di sekitarmu, misalnya membuka internet tanpa membuka media sosial, meletakkan smartphone di luar jangkauan hingga memasang tanda untuk tidak diganggu selama beberapa saat. Dorong diri untuk fokus mengerjakan daftar hal yang sudah dibuat, baru kemudian sisipkan waktu istirahat singkat untuk mengecek email atau mengobrol dengan rekan kerja.