0 %

Tue, 2 Oct 2018
Trik Sederhana Lakukan Persuasi Secara Halus

Memiliki kekuatan untuk memengaruhi orang lain sebagai influencer bukan hanya dapat diterapkan dalam bidang pekerjaan, tapi juga bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Pada dasarnya, persuasi merupakan kemampuan dalam mendapatkan apa yang diinginkan dalam hidup dan terkadang membuat orang lain melakukan apa yang kamu inginkan.


Bagaimana menjadi persuasif dengan cara halus dan efektif tanpa terlihat terlalu memaksa? Simak langkah-langkah jitu yang bisa dicoba berikut ini.


1. Mulai dengan Keyakinan yang Mudah Diserap dan Sesederhana Mungkin
Ingin meyakinkan seseorang untuk melakukan sesuatu? Pastikan gagasan yang diberikan mudah dipahami dan sesederhana mungkin. Alasannya didasarkan pada psikologis manusia yang mudah bingung dan mudah menyerap ide yang simpel. Sebaliknya, hal-hal yang tampak rumit sulit untuk dipercaya karena orang-orang tidak mudah untuk memahaminya dengan segera Jika ingin memberikan pengaruh pada orang lain, misalnya untuk membeli barang tertentu atau mengikuti event, berikan sedikit alasan yang dirangkai dengan kata-kata sederhana. Hindari istilah yang terlalu sulit atau pembicaraan yang terlalu panjang sehingga lebih mudah untuk menanamkan pengaruhmu pada orang-orang lain.


2. Berikan Perhatian dengan Tulus
Jangan fokuskan pada keinginanmu untuk membuat orang lain melakukan hal-hal untukmu, tapi tunjukkan perhatian dengan tulus terlebih dahulu. Hal ini sesuai dengan psikologi manusia di mana sebagian besar akan memberi perhatian pada mereka yang menunjukkan kepedulian dengan sungguh-sungguh.


Jika perlu, tawarkan bantuan tanpa mengharap balasan dan dengan demikian mereka akan lebih mudah untuk dipengaruhi. Mulailah dengan menghabiskan satu jam dalam seminggu untuk membantu rekan kerja yang sedang dikejar deadline. Tunjukkan diri sebagai pemain tim dan dapatkan bantuan yang diperlukan saat mengalami kesulitan.